Friday 12 February 2010

Sekilas tentang kamera digital

Jaman sudah berkembang,begitu juga dengan dunia fotografipun mengalami perkembangan menuju era digital.Sekarang orang-orang dengan mudahnya jeprat-jepret untuk mengambil foto atau gambar.Produsen kamerapun berlomba-lomba untuk selalu mengeluarkan produk-produk terbaru,mulai dari kamera saku,prosumer hingga DSLR.Bahasa-bahasa iklan yang menyatakan akan menghasilkan gambar yang berkualitas bermunculan hanya agar konsumen tertarik untuk membeli kamera digital yang diiklankan.

Sehingga banyak orang yang menyakini bahwa semakin mahal sebuah kamera semakin bagus hasilnya,semakin tinggi pixelnya semakin bagus hasil fotonya,dan itupun tidak sepenuhnya salah atau benar.

Memanglah benar semakin mahal sebuah kamera biasanya semakin banyak fitur dan fungsi yang ada dikamera tersebut,tetapi tanpa pengetahuan yang memadai tentang fitur dan fungsi tersebut biasanya pengguna hanya menggunakan fitur otomatik (AUTO) untuk mengambil gambar,terus buat apa beli mahal kalo hanya menggunakan AUTO sayang bukan kalo fitur-fitur yang lain tidak digunakan.

Begitu juga dengan jumlah pixel yamg biasanya juga jadi bahan pertimbangan dalam membeli sebuah kamera,memang benar pula bahwa semakin tinggi semakin tajam pula gambar yang dihasilkan,tetapi kalo hasil fotonya hanya untuk dicetak ukuran postcard atau malah hanya untuk dipasang dimedia sosial networking seperti facebook dan lainnya toh cukup dengan yang jumlah pixel yang kecil.

Lepas dari semua yang dituliskan diatas,kita begitu diuntungkan dengan kamera digital yang ada sekarang ini,khususnya bagi para pecinta fotografi maupun orang awam yang ingin belajar fotografi,karena hasilnya bisa langsung dilihat,kalopun hasil jelek atau kurang memuaskan tinggal hapus dan jepret lagi.

Maka dari itu saya disini ingin berbagi sedikit dasar-dasar ilmu fotografi dan cara memaksimalkan pemakaian kamera digital yang kita punya sehingga kitapun bisa menghasilkan foto-foto berkualitas dengan kamera digital,yang akan saya tulis pada postingan-postingan saya berikutnya.

Selamat belajar dan mencoba menghasilkan foto yang bagus.

9 comments:

  1. terima kasih saudara..saya amat memerlukan ilmu spt ini kerna saya masih lagi baru dlm bidang fotografi...saya harap selepas ini,saudara dpt memberikan tips bagaimana ingin mendapatkan shot&angle yg terbaik....

    ReplyDelete
  2. makasih buat sharing-nya.
    ilmu yg bermanfaat, smoga ga pernah bosan tuk berbagi

    ReplyDelete
  3. thanks untuk info dan pelajarannya... penyajiannya ok skali...

    ReplyDelete
  4. tanya pa,
    saya pake Sony DSC H70. setiap kali moto laskap atau pemandangan. pasti objek ada yg blur terutama objek dedaunan seperti daun pohon cemara apa lagi letak objek yg jauh. iso sdh paling rendah, tapi k.alau objek berbentuk bangunan. g masalah. . apa ada yg salah dgn kamera saya, pada hal baru di beli , mohon pencerahannya thanx

    ReplyDelete
  5. terimakasih ya mantabs banget.,., jangan lupa mampir kesini juga ya : http://fotografi.unsri.ac.id/photogallery.php

    ReplyDelete
  6. asik nih infonya buat nambah" pengetahuan makasih infonya mas :D
    salam kenal mas www.titikfokuskamera.com

    ReplyDelete